Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Kota Manokwari

Minggu, 05 Juli 2015

Manokwari adalah ibu kota Provinsi Papua BaratIndonesia. Manokwari juga merupakan ibu kota Kabupaten Manokwari. Kota ini memiliki luas wilayah 1.556,94 km² dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 99.488 jiwa. Manokwari terletak di pantai utara Daerah Kepala Burung Pulau Papua. Kota ini merupakan salah satu kota bersejarah bagi masyarakat Kristen di Papua karena pada tanggal 5 Februari 1855, dua orang penginjil mendarat di Pulau Mansinam dan memulai karya penyebaran agama Kristen Protestan di kalangan suku-suku yang masih suka berperang satu sama lain. Pulau Mansinam dapat dicapai dengan menyewa kapal atau speedboat dari Pelabuhan Ketapang, di jalan Pasir Putih. Manokwari membentang di Teluk Doreri, dan di tengah perbukitan rendah didominasi oleh pegunungan Arfak di selatan

Bandar Udara Rendani Manokwari 


Di Manokwari kita bisa berwisata ke Pantai Pasir Putih yang indah :


Dari Pantai Pasir Putih kita lanjutkan perjalanan kita ke Pantai Bakaro, yang uniknya dari pantai ini adalah atraksi pemanggilan ikan dari tepi pantai dengan menggunakan sumpritan lalu kita bisa memberi makan ikan-ikan itu.


Asik kita bermain di pantai mari kita bermain di hutan dan gunung, di manokwari ada tempat wisata Hutan Gunung Meja jarak dari kota manokwari kira-kira 2km bisa kita tempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Area Gunung Meja merupakan Hutan yang sangat ideal untuk olahraga hiking, piknik keluarga dan penelitian. Dikawasan ini terdapat Tugu Jepang yang merupakan monumen peringatan pendaratan tentara jepang divisi 221 dan 222 pada masa perang dunia II, dari puncak Gunung Meja kita bisa melihat Kota Manokwari.   

Dari Gunung Meja kita lanjutkan perjalanan wisata kita ke Bendungan Prafi yang jarak dari kota manokwari 1 jam perjalanan darat. Di tempat ini kita mandi di bendungan sambil menikmati keindangan sekitar bendungan prafi.

Dari semua tempat wisata yang ada di manokwari, ada satu yang lebih terkenal Obyek Wisata Pulau Mansinam
Pulau Mansinam adalah pulau yang terletak di teluk doreri, sebelah selatan kota Manokwari, dengan luas 410,97 Ha. Pulau Mansinam merupakan titik penting pekerjaan zending (misi) di Tanah Papua. Di Pulau ini, tepatnya 5 Februari 1855, dua orang zendeling-werklieden (utusan tukang) dari Jerman, C.W. Ottow dan Johann Gottlob Geissler menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Papua.

Pulau Mansinam terdapat Situs Pekebaran Injil yang terdapat Patung Yesus Kristus setinggi 30 meter, dan masih banyak keistimewaan yang lainnya dari pulau Mansinam sehingga membuat tempat ini tidak pernah sepi dari wisatawan domestik dan mancanegara.  

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © -2012 Media Papua Barat All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks